KOP 3

on . Hits: 36

Penentuan Rukyatul Hilal 1 Ramadhan 1442 H di Pantai Wolulu Sultra

Kolaka | pa-kolaka.go.id

Pada hari senin 12 April 2021 Mustamin, Lc Ketua Pengadilan Agama Kolaka (PA Kolaka) dan Abdul Rahman, S.H. Panitera Muda PA Kolaka bersama tim rukyatul hilal Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) lainnya yang terdiri dari unsur Kementerian Agama, BMKG, Akademisi dan Pengadilan Agama memantau secara langsung hilal yang dimaksudkan sebagai penentuan 1 Ramadhan 1442H/2021M.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Sultra diwakili Kepala Bagian Tata Usaha, H. Muhammad Basri, Asisten I Setda Kolaka, Para Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota se Sultra serta unsur akademisi dan Ormas Islam.

Pemantauan hilal dilakukan di Pantai Wolulu Kecamatan Watubangga. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh Kementerian Agama disetiap tahunnya untuk menentukan awal 1 Ramadhan.

Muhammad Basri selaku Kakanwil kemenag sultra dalam sambutannya mengharapkan kerjasamanya Pemerintah Daerah untuk dibangun tempat yang tidak hanya digunakan untuk penentuan hilal saja tetapi juga bisa digunakan untuk kegiatan keagamaan lainnya.

Sepanjang pemantauan yang dilakukan hingga selesai, hilal masih belum terlihat di Kolaka karena tertutupi oleh awan dan cahaya bulan yang sangat sedikit.

Selanjutnya, hasil dari pantauan tersebut akan dikirimkan langsung ke Kementerian Agama RI sebagai bahan laporan dalam sidang Isbat awal Syawal 1442 H.

Add comment


Security code
Refresh