w3 validator

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Sesuai dengan ketentuan undang-undang Nomor4 Tahun 2004 tetang kekuasaan Kehakiman pasal2 dan pasal13ayat(1) dan keputusan PresidenRI Nomor 21 tahun 2004 tentang pengalihan organisasi, Adminstrasi dan Finansial di Lingkungan Peradilan Umum, Peradilan tata Usaha Negara dan Peradilan Agama ke Mahkamah Agung RI,maka penyelenggaraan organisasi yustisial dan non yustisial berada di bawah kekuasaan Mahkamah Agung RI,  Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepaniteraan dan kesekretariatan  Peradilan. Adapun struktur Pengadilan  Agama Kolaka terdiri dari: 

Adapun struktur Pengadilan  Agama Kolaka terdiri dari:

  1. Ketua;
  2. WakilKetua
  3. Hakim
  4. Panitera
  5. Sekretaris
  6. Panitera Muda hukum
  7. Panitera Muda permohonan
  8. Panitera Muda Gugatan
  9. Subbag Umum & Keungan
  10. Subbag Kepegawaian
  11. Subbag Prencanaan, IT & Pelaporan
  12. Panitera Pengganti
  13. Jurusita Pengganti
  14. Kelompok Pungsional Arsiparis
  15. Kelompok Pungsional Pustakawan
  16. Kelompok Pungsional Bendahara

Adapun Uraian Tugas Pejabat /Pegawai Pengadilan  Agama Kolaka sbb :

1. NamaJabatan : Ketua Pengadilan Agama Kolaka

Tugas:

Memimpin dan bertanggung jawab atas terselenggarany apelaksanaan tugas Pengadilan Agama Kolaka dengan baik dan menjaga terpeliharanya citra serta wibawa Badan Peradilan Agama di lingkungan Pengadilan Agama Kolaka;

Uraian Tugas:

  1. Merumuskan kebijaksanaan Pengadilan Agama Kolaka dalam rangka penjabaran/pelaksanaan kebijaksanaan/Program Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Kendari dan Mahkamah Agung;
  2. Melaksanaan fungsi manajemen yaitu :merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengkoordinasikan, mengawasi dan mengevaluasi pelaksaaan tugas baik teknis maupun administratif di lingkungan Pengadilan Agama Kolaka dengan baik, serasi dan selaras;
  3. Bertanggung jawabatas pembinaan karier, organisasi dan administrasi Pengadilan AgamaKolaka;
  4. Melakukan pembinaan  terhadap organisasi KORPRI,  IKAHI, DHARMA  YUKTI  KARINI,  KOPERASI, PPIHIM, PTWP dan lain-lain, dilingkungan Pengadilan AgamaKolaka;
  5. Mempersiapkan kader (kaderisasi)  dalam rangka regenerasi pimpinan/pejabat dilingkungan Pengadilan Agama Kolaka;
  6. Menjalin hubungan kerjasama   yang   baikantar  instansi  terkait  dalam rangka kelancaran tugas  Pengadilan Agama Kolaka;
  7. Memberikan keterangan  dan  pertimbangan  tentang  hal-hal  yang berhubungan dengan pelaksanaan  tugas   pokok   Peradilan  Agama Kolaka   kepada  instansi  Pemerintah  maupun  masyarakat   di  wilayah hukum Pengadilan Agama Kolaka, apabila diminta;
  8. Melaporkan pelaksanaan tugas Pengadilan Agama Kolaka kepada pimpinan pusat (Mahkamah Agung, Pengadilan Tinggi Agama Kendari);
  9. Melaksanakan tugas pokok Ketua Pengadilan Agama Kolaka sebagaimana tercantum dalam Buku KumpulanPedoman Pelaksanaan Tugas Administrasi Peradilan (BukuI–II);
  10. Melaksanakan tugas lain  yang  diberikan  oleh  Pimpinan  Pusat  dan Pengadilan Tinggi  Agama Kendari.

Tugas Teknis Peradilan  :

  1. Menetapkan/memutuskan hari-hari ketentuan untuk melakukan persidangan pe
  2. Menetapkan panjar biaya pe
  3. Membagi perkara gugatan/permohonan kepada Hakim untuk disidangkan.
  4. Menunjuk Hakim untuk mencatat gugatan/permohonansecara lisan.
  5. Memerintahkan kepada JurusitaPengganti untuk melakukan teguran(anmaning).
  6. Menentukan/memimpinserta mengawasi ekseku
  7. Menetapkan biaya jurusita/biaya ekseku
  8. Menetapkan pelaksanaan lelang/tempatlelang;
  9. Menyediakan buku khusus untuk anggota Hakim Majelis yang isinya menyatakan berbeda pendapat dengan kedua anggota Majelis lainya.
  10. Mengevaluasi laporan  mengenai   penanganan  perkara  yang   dilakukan Hakim/Panitera   Pengganti  dan   mengisi  evaluasi  secara  periode  ke PengadilanTinggi Agama.
  11. Meneruskan Surat Edaran Mahkamah Agung dan surat Mahkamah Agung atau Pengadilan Tinggi agama yang berkaitan dengan perkara kepada para Hakim/Panitera/Wakil Panitera/Panitera  Muda  /Panitera  Pengganti  dan Jurusita.

2. Nama Jabatan :  Wakil Ketua

Tugas:

Memimpin dan bertanggung jawab atas terselenggaranya pelaksanaan tugas Pengadilan Agama Kolaka dengan baik dan menjaga terpeliharanya citra serta wibawa Badan Peradilan Agamadi lingkungan Pengadilan Agama Kolaka;

Uraian Tugas:

  1. Melaksanakan tugas Ketua Pengadilan Agama Kolaka, apabilaKetua berhalangan;
  2. Membantu Ketua   Pengadilan Agama  Kolaka dan menyusun     program    kerja, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya;
  3. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas serta tingkah laku Hakim,Para Pejabat dan karyawan baik kepaniteraan maupun kesekretariatan pada Pengadilan Agama Kolaka;
  4. Melaksanakan tugas sebagai Koordinator Hakim Pengawas Bidang dilingkungan Pengadilan Agama Kolaka;
  5. Mengevaluasi laporan pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Hakim Pengawas Bidang sertabersama-samamerumuskan pemecahan masalah yangdihadapi;
  6. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas wakil ketua kepada Ketua Pengadilan Agama Kolaka;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Ketua Pengadilan Agama

 

NamaJabatan :  H a k i m

T ugas:

  1. Memeriksa dan mengadili perkara-perkara yangdiajukan kepadanya serta memutus sesuai undang-undang dan peraturanyang berlaku dalam perkara tingkat pertama di lingkungan Pengadilan Agama Kolaka;
  2. Melakukan pembinaandan pengawasan yang ditugaskan oleh pimpinan
  3. Pengadilan AgamaKolaka;
  4. Melaksanakan tugas sebagai Hakim Pengawas Bidan

Uraian Tugas:

  1. Mendampingi Hakim Ketua Majelis dalam persidangan perkara di tingkat pertama;
  2. Mempelajari berkas perkara yang akan disidangkan
  3. Bersama-sama dengan Ketua  Majelis  Hakim  :memeriksa,   mengadili, memutus dan menyelesaikan  perkara di tingkat pertama;
  4. Membuat konsep putusan perkara yang ditugaskan kepadanya oleh Ketua Majelis;
  5. Memberikan pertimbangan/pendapat kepada pimpinan Pengadilan  Agama Kolaka mengenai penyelenggaraan administrasi peradilan serta pelaksanaan eksekusi pada PengadilanAgama  Kolaka sesuai bidang masing-masing selaku Hakim Pengawas Bidang;
  6. Melakukan pengawasandan pembinaanyang ditugaskan olehPimpinan Pengadilan Agama  Kolaka mengenai  penyelenggaraan  administrasi peradilan serta pelaksanaan  eksekusi pada Pengadilan Agama  Kolaka sesuai bidang masing-masing selakuHakim Pengawas Bidang;
  7. Melaporkan hasil  pembinaan  dan  pengawasan  bidang  masing-masing kepada pimpinan Pengadilan Agama Kolaka;
  8. Melaksanakan tugas lain yangdiberikan oleh pimpinan Pengadilan Agama

NamaJabatan : Panitera

Tugas:

Membantu pimpinan dalam melaksanakan tugasnya,memimpin pelaksanaan tugas kepaniteraan dalam hal memberikan pelayanan tehnis di  bidang administrasi perkara dilingkungan Pengadilan Agama Kolaka berdasarkan peraturanperundang-undanganyangberlaku.

Uraian Tugas:

  1. Memimpin pelaksanaan tugas kepaniteraan sesuai dengan ketentuan peraturanperundang-undangan yang berlaku;
  2. Menyusun program  kerja  dibidang  Administrasi  Kepaniteraan  Pengadilan Agama Kolaka
  3. Mengorganisasikan,melaksanakan,mengkoordinasikan, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan  tugas  Kepaniteraan sesuai dengan program kerja yang telah ditentukan dan kebijakan pimpinan/Ketua Pengadilan Agama Kolaka;
  4. Membimbing dan membina bawahan dalam rangka meningkatkan disiplin dan prestasi kerja sesuai dengan ketentuan perundang-undanganyang berlaku;
  5. Bertanggungjawab atas pengurusan berkas perkara,putusan dokumen, buku daftar/register,biaya perkara,dan surat-suratlainnya yangdisimpan di kepaniteraan;
  6. Mempersiapkan danmengelola bahan-bahan yang diperlukan dalam rangka perumusan kebijaksanaan pimpinan/KetuaPengadilan Agama Kolaka;
  7. Melaksanakan tugas selaku coordinator tindaklanjut  hasil pengawasan pada PengadilanAgamaKolaka;
  8. Mendampingi Majelis Hakim dalam persidangan perkara ditingkat pertama
  9. Melaporkan kepada atasan tentang pelaksanaan tugas kepaniteraan sebagai bahan evaluasi;
  10. Melegalisir surat-surat yang akandijadikan bukti di dalam persidangan dan surat-surat lain yang dianggap perlu dalam administrasi umum.
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan/Ketua Pengadilan Agama

 

Nama Jabatan : Sekretaris

Tugas:

Membantu pimpinan dalam melaksanakan tugasnya,memimpin pelaksanaan tugas Kesekretaritan dalam hal memberikan pelayanan di  bidang administrasi umum dilingkungan Pengadilan Agama Kolaka berdasarkan peraturanperundang-undangan yang berlaku.

Tugas

  1. Membuat rencana umum Pengadaan
  2. Membuat SK Pengelolah Keuangan
  3. Melakukan monitoring dan Pengawasan Pengisian aplikasi komdanas
  4. Melakukan monitoring di bidang umum dan keuangan, Kepegawaian dan Ortala dan bagian perencanaan, IT dan Pelaporan
  5. Mengikuti rapat Baperjakat
  6. Memonitoring pembuatan Program kerja
  7. Memonitoring penyusunan laporan tahunan
  8. Memonitoring penyusunan LAKIP
  9. Memonitoring penyusunan RKA-KL
  10. Membuat dan memberikan penilaian sasaran kerja Pegawai (SKP) kepada Ka.Subbag-Ka.Subbag
  11. Memberikan paraf terhadap surat Dinas keluar tentang urusan kesekretariatan yang akan ditanda tangani oleh Ketua
  12. Membuat SK Pejabat Pengadaan

 

NamaJabatan : Wakil Panitera

  Tugas:

Membantu Pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang pelaksanaannya dan pengorganisasiannya serta membantu Panitera dalam memimpin,menyelenggarakan tugas dibidang Administrasi Kepaniteraan yang meliputi pelayanan administrasi perkara, mengurus daftar/register  perkara,   menyusun  statistik,  dokumentasi  perkara,  laporan perkara dan menyelenggarakan administrasi Perkara

Uraian Tugas:

  1. Membantu Panitera untuk secara langsung memimpin pelaksanaan tugas kepaniteraan Pengadilan AgamaKolaka;
  2. Melaksanakan tugas paniteraa pabila Panitera berhalangan;
  3. Menyusun program kerja kepaniteraan;
  4. Membagi tugas   dan   menetapkan   penanggung   jawab   kegiatan kepaniteraan;
  5. Menggerakkan dan mengarahkan kegiatan kepaniteraan;
  6. Mengkoordinir pelaksanaan tugas kepaniteraan;
  7. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas kepaniteraan;
  8. Membina dan membimbing bawahan dalam pelaksanaan tugas dan membina hubungankerja;
  9. Mendampingi/membantu MajelisHakim dalam persidangan perkara di tingkat pertama;
  10. Melaporkan pelaksanaan tugas kepaniteraan kepada atasan langsung sebagai bahan evaluasi;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan/Ketua Pengadilan Agama Kolaka.

 

NamaJabatan : Panitera Muda Gugatan

Tugas:

Memimpin Kepaniteraan Gugatan, menyusun programkerja, membagi tugas, memberi petunjuk,membimbing dan memeriksa hasil kerjabawahan, mempertimbangkan izin cuti, mengevaluasi dan melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan dalam rangka pelaksanaan sebagian program kerja Wakil Panitera, persiapan Administrasi persidangan perkara gugatan, memonitor penyimpanan berkas perkara gugatan yang  masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan masalah perkara gugatan;

Uraian Tugas:

  1. Memimpin Kepaniteraan    Gugatan    dengan    jalan    merencanakan, mengorganisasikan,    menggerakkan,    mengontrol    dan    mengevaluasi
  2. Pelaksanaan urusan administrasi perkara gugatan,persiapan persidangan perkara gugatan memonitor penyimpanan berkas perkara gugatanyang masih berjalan dan urusan lainyang berhubungan dengan perkara gugatan agar staf Kepaniteraan gugatan mampu melaksanakan tugas dengan efektif dan efisien;
  3. Menyusun program kerja kegiatan Kepaniteraan Gugatan dengan jalan menjabarkan program kerja WakilPanitera kedalam tugas-tugas tehnisdan menuangkan pada rencana kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas ;
  4. Membagi tugas kepada bawahan dilingkungan kepaniteraan Gugatan sesuai dengan tugas masing-masing agar tidak terjadi tumpang tindih;
  5. Memberi petunjuk kepada bawahan dengan jalan mengadakan pengarahan langsung dalam pelaksanaan tugas agar bawahan mampu melaksanakan tugas dengan baik danbenar ;
  6. Membimbing bawahan dalam rangka melaksanakan tugas dengan jalan memberikan penjelsan-penjelasan dan motivasi agar bawahan bersedia meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baik melalui pendidikan dan latihan maupun  kepustakaan  sehingga  pada  gilirannya  mereka  akan sanggup dan mampu memberikan yang terbaik dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya;
  7. Memeriksa hasil kerja bawahan dengan cara meneliti data yang dicapai sebagai Pembina kepada bawahan;
  8. Memberikan penilaian kepada bawahan atas prestasi kerja yang  telah dicapai sebagai Pembina kepada bawahan;
  9. Memberikan  pertimbangan  kepada  atasan   diminta   atau  tidak   diminta mengenaihal-halyang berhubungan dengan kelancaran pelaksanaan tugas
  10. Mengevaluasi dan melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan Kepaniteraan
  11. Gugatan sebagai pertanggungjawaban kepada atasan;
  12. Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan persidangan perkara gugatan dan memonitor berkas perkara gugatanyang sedang dalam proses ;
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan/Ketua Pengadilan Agama Kolaka.

 

Nama Jabatan :   Panitera Muda Permohonan

Tugas:

Memimpin  Kepaniteraan  Permohonan,  menyusun program kerja, membagi tugas, memberi petunjuk, membimbing dan memeriksa hasil kerja bawahan, ,mengevaluasi dan melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan sertamelaksanakan tugas-tugas lainyang diberikan oleh atasan dalam rangka pelaksanaan sebagian program kerja WakilPanitera, persiapan Administrasi persidangan perkara permohonan,memonitor penyimpanan berkas perkara permohonan yang masih berjalan dan urusan lainyang berhubungan dengan masalah perkara permohonan.

Uraian Tugas:

  1. Pelaksanaan Pemeriksaan, penelaahan kelengkapan berkas perkara permohonan
  2. Mengikuti dan mencatat jalannya siding Pengadilan
  3. Membuat berita acara sidang
  4. Pelaksanaan Registrasi Perkara Permohonan
  5. Mengetik Penetapan (Sita/ Ikrar)
  6. Melaksanakan Pemberkasan Perkara
  7. Pelaksanaan distribusi Perkara yang telah deregister untuk diteruskan kepada ketua majelis berdasarkan penetapan penunjukan Majelis Hakim dari Ketua Pengadilan Agama Kelas II
  8. Pelaksanaan Penerimaan kembali berkas perkara yang sudah diputus dan diminutasi
  9. Pelaksanaan pemberitahuan isi putusan tingkat pertama kepada pihak yang tidak hadir;
  10. Pelaksanaan pemberitahuan putusan tingkat banding
  11. Pelaksanaan pelayanan terhadap permintaan salinan putusan perkara permohonan
  12. Pelaksanaan penerimaan dan pengiriman berkas perkara yang dimohonkan Kasasi dan Peninjauan Kembali
  13. Pelaksanaan pengawasan terhadap pemberitahuan isi putusan upaya hukum kepada para pihak dan menyampaikan relaas penyerahan isi putusan Kepada Mahkamah Agung
  14. Pelaksanaan penyimpanan berkas perkara yang belum mempuyai kekuatan hukum tetap
  15. Merekap perkara Permohonan
  16. Pelaksanaan penyerahan berkas perkara yang sudah berkekeuatan hukum tetap kepada Panitera Muda Hukum
  17. Pelaksanaan urusan Tata usaha kepaniteraan

 

NamaJabatan :  Panitera Muda Hukum

Tugas:

Menyusun program kerja, membagitugas, memberi petunjuk,membimbing dan memeriksa hasil kerja bawahan, mengevaluasi dan melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan serta melaksanakan tugas-tugaslainyang diberikan olehatasan dalam rangka pelaksanaan sebagian program kerja WakilPanitera,persiapan Administrasi persidangan perkaragugatan, memonitor penyimpanan berkas perkara gugatan yang  masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan Tanggung jawab Panitera Muda Hukum.

Uraian Tugas:

  1. Pelaksanaan Pengumpulan, pengelolaan dan Penyajian Data Perkara
  2. Pelaksanaan Penyajian Statistik Perkara
  3. Pelaksanaan Hisab Rukyat yang dikoordinasikan dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama
  4. Pelaksanaan Penyusunan dan Pengiriman laporan Perkara
  5. Pelaksanaan penataan, penyimpanandan pemeliharaan arsip perkara
  6. Pelaksanaan kerjasama dengan Arsip daerah untuk penitipan berkas perkara
  7. Penyiapan, pengelolaan dan penyajian bahan-bahan yang berkaitan dengan transparansi perkara
  8. Pelaksanaan penghimpunan pengaduan dari masyarakat
  9. Pelaksanann fungsi lain yang diberikan oleh Panitera
  10. Pelaksnaan persiapan penyelenggaraan persidangan
  11. Pelaksanaan pencatatan proses persidangan
  12. Pelaksanaan penyusunan berita Acara Sidang
  13. Pelaksanaan Penyatuan berkas perkara secara kronologis/berurutan
  14. Pelaksanaan penyimpanan berkas perkarasampai dengan perkara diputus dan diminutasi

 

NamaJabatan         :  Panitera Pengganti

Tugas:

Mencatat jalannya persidangan, mengetik putusan serta membantu Majelis Hakim dalam proses penyelesaian perkara tingkat pertama;

Uraian Tugas:

  1. Menghimpun dan mempelajari petunjuk pelaksanaan tugas ;
  2. 2. Mendampingi Hakim dalam persidangan dan mencatat semua yang terjadi pada bukucatatanPanitera;
  3. 3. Membuat konsep Berita Acara Persidangan dan mengetik setelah disetujui/parafKetua Majelis selambat-lambatnya tiga hari setelah persidangan;
  4. 4. Mengonsep surat permintaan bantuan pemanggilan pada Pengadilan agama lain serta membuat surat-surat lainnya yang berkaitan dengan kelancaran proses persidangan;
  5. 5. Memgetik Putusan/Penetapan Pengadilan Agama;
  6. 6. Membantu Hakim untuk meminutasi berkas perkara;
  7. 7. Melaporkan kepada Meja  II  tentang  perubahan-perubahan  dan perkembangan persidangan untuk bahan pencatatan dalam Register Perkara yang bersangkutan;
  8. 8. Turut bertanggungjawab terhadap berkas perkara yang ditangani termasuk menjaga hal-hal yang perlu dirahasiakan;
  9. 9. Berkonsultasi engan Ketua Majelis  Hakim  dalam  hal  adanya perkembangan   pihak-pihak   baik perkembangan didalam maupun diluar persidangan;

10.Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Pengadministrasian PerkaraTingkat Pertama(Meja I)

T u gas:

Menerima berkas perkara dari para pihak yang berperkara dan mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses persidangan;

Uraian Tugas:

  1. Menerima Gugatan,  Permohonan,  Perlawanan  (Verzet),  Pernyataan Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali;
  2. Menaksir biaya perkara dan biaya Eksekusi ;
  3. Membuat Surat Kuasa UntukMembayar (SKUM) dan menyerahkannya pada calon Penggugat atauPemohon;
  4. Memgembalikan surat gugatan/permohonan pada Penggugat/Pemohon;
  5. Memberikan penjelasan seperlunnya yang berkaitan dengan perkara apabila diminta yang bersangkutan;
  6. Melaksan akan legalisasi ;
  7. Melaksanakantugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan;

Penyelenggara Meja I /Kasir

Tugas:

Menyelenggarakan  administrasi  keuangan  perkara  serta  menyimpan  dan mengeluarkan biaya perkara atas perintah pimpinan/atasanyang berwenang;

Uraian Tugas:

  1. Mempersiapkan segalasesuatu yang berhubungan dengan keuangan perkara;
  2. Menerima pembayaran uang panjar biaya perkara dan biaya eksekusi dari pihak calon Penggugat atau pihak Pemohon berdasarkan SKUM;
  3. Membukukan penerimaan uang panjar biaya perkara dan biaya eksekusi dalam jurnal penerimaan;
  4. Mengembalikan asli SKUM kepada pihak calon Penggugat atau pihak calon Pemohon setelah dibubuhi cap/tanda lunas;
  5. Memyerahkan biaya perkara dan biaya eksekusi yang diterimanya kepada
  6. Bendahawan khusus dan dibukukan dalam buku jurnal;
  7. Mengeluarkan biayaperkara atas persetujuan pimpinan/atasan sesuai ketentuan peraturan yang berlaku;
  8. Melakukan kegiatan penerimaan dan pengeluaran biaya perkara setiap hari kedalam BukuInduk Keuangan Perkara ;
  9. Melakukan penutupanBuku Induk keuangan Perkara atas perintah pimpinan
  10. Memelihara dan mengamankan  bukti-bukti  penerimaan/pengeluaran biaya perkara serta surat-surat   berharga lainnya;
  11. Melaksanakantugas lainyangdiberikan oleh atasan/pimpinan.

 Penata Usaha Register Perkara (Meja II)

Tugas:

Mendaftarkan perkarake dalam register Perkara dan mengisi buku Register sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku;

Uraian Tugas:

  1. Menghimpun dan memperlajari petunjuk pelaksanaan tugas (Juklak) ;
  2. Menerima surat gugatan/perlawanan dari calon Penggugat atau Tergugat;
  3. Menerima surat Permohonan dari calon Pemohon sebanyak2(dua)rangkap
  4. Menerima tindasan SKUM dari calon Penggugat/pelawan/Pemohon
  5. Mencatat/mendaftar surat gugatan atau permohonan dalam Register yang bersangkutan serta memberi Nomor Register perkara pada surat gugatan/permohonan pada SKUM;
  6. Menyerahkan kembali satu rangkap surat gugatan/Permohonan yang telah diberi nomor Register pada Penggugat/Pemohon;
  7. Menyampaikan kepada Wakil Panitera berkas surat gugatan/Permohonan dan selanjutnya menyampaikan kepada Ketua Pengadilan asli surat gugatan/permohonan dengan melampirkan tindasan SKUM dan surat-surat yang berhubungan dengan gugatan/permohonan disertai dengan ekspedisi;
  8. Mendaftarkan/mencatat putusan  Pengadilan  Agama/Pengadilan  Tinggi Agama/Mahkamah Agung dalam Register yang bersangkutan;
  9. Menjaga kerapian dan keamanan bukuRegister Perkara;
  10. Melaksanakantugas lainyang diberikan oleh atasan/pimpinan.

 

 Pengolah Data danAdministrasi Perkara(Meja III)

Tugas:

Menghimpun,menyusun,mengolahdan membuat laporan perkara serta menata kearsipan berkas perkara, menerima memori/kontra memori banding sesuai ketentuan yang berlaku;

Uraian Tugas:

  1. Menghimpun dan mempelajari petujuk pelaksanaan tugas pengolah data dan laporan perkara sebagai pedoman;
  2. Menyerahkan surat salinan putusan Pengadilan Agama/Pengadilan Tinggi Agama/Mahkamah Agung kepada yang berkepentingan;
  3. Menyerahkan salinan penetapan kepada pihak yang berkepentingan;
  4. Menerima memori/kontra memori banding, memori/kontra memori kasasi, jawaban/tanggapan peninjauan kembali dan lain-lain;
  5. Menyusun dan menyajikan data perkara dalam bentuk statistik,grafik ;
  6. Membuat laporan perkara secara berkala;
  7. Menata arsip berkas perkara yang telah diminutasi kedalam box perkara;
  8. Menyusun/menjahit serta mempersiapkan berkas perkara;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan.

 Pengadministrasi Surat dan Perlengkapan Kepaniteraan

Tugas:

Menerima dan mengarah kan surat masuk,menata kearsipan,surat menyurat serta mempersiapkan bahan kebutuhan/perlengkapan kerja kepaniteraan;

Uraian Tugas:

  1. Mempersiapkan petunjuk/pedoman   pelaksanaan   tugas   pada    bagian kepaniteraan;
  2. Menerima dan mengarahkan surat masuk bagian kepaniteraan;
  3. Mengetik surat-surat urusan kepaniteraan dan menata kearsipan bagian kepaniteraan;
  4. Menyusun rencana kebutuhan/perlengkapan kerja bagian kepaniteraan;
  5. Mengadakan dan  mendistribusikan  bahan  perlengkapan  kerja  bagian kepaniteraan;
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan.

Penata usaha Arsip Berkas Perkara

Tugas:

Menyelenggarakankegiatanyangberhubungandenganarsipberkasperkara khusus ruangarsipperkara danbukuaktanikah;

Uraian Tugas:

  1. Menyiapkan Petunjuk Pelaksanaan tugas khusus pengarsipan perkara ;
  2. Menerima,mencatat berkas perkara yang telah diminutasi ;
  3. Menyusun dengan rapi berkas perkara ke dalam kotak arsip sesuai nomor urut perkara;
  4. Menata buku Kutipan Akta Nikah berdasarkan nomor Urut Perkara;
  5. Menata buku Akta Nikah yang dikirim dari Kantor Urusan Agama;
  6. Mencatat ke dalam buku pinjaman bagi yang meminjam berkas perkara atas izin Ketua Pengadilan Agama;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan.

 

NamaJabatan :  Jurusita Pengganti

Tugas:

Membantu Majelis Hakim dalam hal melancarkan Persidangan pada Pengadilan Agama Kolaka;

Uraian Tugas:

  1. Menghimpun dan mempelajari petunjuk pelaksanaan tugas ;
  2. Melaksanakan semua perintah yang diberikan oleh Ketua Majelis  atau Panitera;
  3. Menyampaikan pengumuman,    teguran-teguran,    pemanggilan    dan pemberitahuan penetapan/putusan pengadilan berdasarkan Undang-Undang
  4. Melaksanakan kegiatan atau perintah Ketua Pengadilan Agama;
  5. Melaksanakan penyitaan;
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan.

NamaJabatan : Subbag  Kepegawaian

Tugas:

Melaksanakan  kegiatan  yang   berhubungan  dengan  urusan   kepegawaian meliputi administrasi kepangkatan, penggajian, pembinaan dan pengembangan pegawai serta pendataan pegawai.

Uraian Tugas:

  1. Memimipin pelaksanaan tugas urusan kepegawaian;
  2. Menyusun program kerja urusan kepegawaian sesuai dengan kebijaksanaan tugas ;
  3. Mengorganisasikan/membagi tugas urusan kepegawaian kepada bawahan baik secara merata dan tidak terjadi adanya tugas yang tumpang tindih;
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan  tugas  urusan  kepegawaian  kepada  bawahan baik
  5. Memberi petunjukdan bimbingan  kepada bawahan  dalam  melaksanakan tugas agar bawahan mampu melaksanakan tugas dengan baik dan benar ;
  6. Mengawasi pelaksanaan tugas bawahan agar tidak terjadi kesalahan dan penyimpangan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Memberikan penilaian kepada bawahan atas prestasi kerja yang telah dicapai serta memberikan motivasi kepada bawahan yang kurang berprestasi
  8. Memberikan pertimbangan-pertimbangan kepada atasan diminta atau tidak diminta mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kelancaran pelaksanaan tugas urusan kepegawaian;
  9. Mengevaluasi dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas urusan kepegawaian sebagai pertanggungjawaban kepada atasan;
  10. Melaksanakantugas lainyang diberikan olehatasan/pimpinan.

 

Pengolah data file Kepegawaian

T u gas:

Menyelenggarakan kegiatan pengumpulan data, mengolah dan menyajikan data,mengisi buku register dankelengkapan file kepegawaian;

Uraian Tugas:

  1. 1. Mempelajari petunjuk pelaksanaan tugas ;
  2. 2. Menghimpun data kepegawaian;
  3. 3. Mengolah data kepegawaian;
  4. 4. Menyajikan data kepegawaian;
  5. 5. Mengisi buku register dan kartu pegawai ;
  6. 6. Menyusun dan memelihara kelengkapan file pegawai ;
  7. 7. Menyiapkan bahan laporan kepegawaian secara keseluruhan;
  8. 8. Melaksanakantugas lainyang diberikan oleh atasan/pimpinan.

 

Penata Usaha Kepegawaian

Tugas:

Menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan surat menyurat dan penatausahaankepegawaian.

Uraian Tugas:

  1. Mempelajari petunjuk pelaksanaan tugas ;
  2. Menghimpun dan  menyiapkan  petunjuk  pelaksanaan  tugas  urusan kepegawaian;
  3. Menyelenggarakan kearsipan surat menyurat kepegawaian;
  4. Mengurus dan memelihara barang inventaris kepegawaian;
  5. Menyusun  dan  menyiapkan   kebutuhan  alat   tulis    menulis    urusan kepegawaian;
  6. Melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan Pengadaan : KARPEG, KARIS/KARSU, TASPEN, ASKES, TANDA JASA/PENGHARGAAN;
  7. Melaksanakan pembuatan DP3 dan KP4 Pegawai ;
  8. Menyiapkan sarana pembinaan mental dan disiplin pegawai ;
  9. Menyelenggarakan kegiatanyang berhubungan dengan kesejahteraan pegawai;
  10. Melaksanakantugas lainyang diberikan olehatasan/pimpinan.

 

Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan

Tugas:

Melaksanakankegiatanyang berhubungan dengan urusankeuangankecuali biayaPerkarayangmeliputi :Pembukuanserta pelaporan Keuangan;

Uraian Tugas:

  1. Memimipin pelaksanaan tugas urusan keuangan;
  2. Menyusun program kerja urusan keuangan sesuai dengan kebijaksanaan Pimpinan dan menuangkannya dalam rencana kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. Memeriksa secara rinci dokumen pendukung SPP sesuai ketentuan yang berlaku;
  4. Memeriksa ketersediaan pagu anggaran dalam DIPA untuk memperoleh keyakinan bahwa tidak melampaui batas pagu anggaran;
  5. Memeriksa kesesuaian rencana kerja dan/ataukelayakan hasil kerja yang dicapai dengan indikator keluaran;
  6. Memeriksa kebenaran atas hak tagih yang menyangkut antara lain:

a.) Pihak  yang  ditunjuk untuk  menerima  pembayaran  nama orang/perusahaan, alamat, nomor rekening dan nama Bank);

b.) Nilai tagihan yang harus dibayar (kesesuaian dan/ataukelayakan dengan prestasi kerja yang dicapai sesuai spesifikasi teknis yang  tercantum dalam kontrak;

c.) Jadwal waktu pembayaran.

  1. Mengorganisasikan/membagi tugas urusanKeuangan kepada bawahan secara merata dan tidak terjadi adanya tugas yang tumpang tindih;
  2. Memberi petunjuk dan bimbingan  kepada bawahan  dalam  melaksanakan tugas agar bawahan mampu melaksanakan tugas denganbaik danbenar ;
  3. Mengawasi pelaksanaan tugas bawahan agar tidak terjadi kesalahan dan penyimpangan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  4. Memberikan penilaiankepada bawahan atas prestasi kerja yang telah dicapai serta memberikan   motivasi  kepada   bawahan  yang  kurang berprestasi;
  5. Memberikan pertimbangan kepada atasan baik diminta atau tidak diminta mengenai hal-halyang berhubungan dengan kelancaran pelaksanaan tugas urusan Subbag Umum dan keuangan;
  6. Mengevaluasi dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas urusan umum dan keuangan sebagai pertanggung jawaban kepada atasan;
  7. Memimpin pelaksanaan tugas subbag umum dan keuangan;
  8. Melaksanakan tugas sebagai pengarah surat masuk dan surat keluar sesuai ketentuan tata persuratan dilingkunganMahkamahAgung;
  9. Melaksanakantugas lainyangdiberikan olehatasan/pimpinan;

 

Penata usaha Keuangan

Tugas:

Menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan penggunaan Dana/Anggaran, mengola data dan laporan keuangan Pengadilan Agama Kolaka serta mengurus perlengkapan dansurat menyurat urusan Keuangan.

Uraian Tugas:

  1. Menyiapkan petunjuk pelaksanaan tugas bagian keuangan;
  2. Mempelajari petunjukpelaksanaan tugas ;
  3. Menyusun dan mengola data dan laporanKeuangan
  4. Menyusun dan memelihara perlengkapan serta surat menyurat bagian keuangan;
  5. Melaksanakantugas lain yang diberikan olehatasan/pimpinan.

 

Bendahara Penerima

Tugas:

Melaksanakan tugas sebagai Bendahara Penerima

Uraian Tugas:

  1. Melaksanakan tugas perbendaharaan yang bersumber dari Penerimaan Negara Bukan Pajak dalam rangka pelaksanaana anggaran pendapatan.
  2. Menyiapkanbahan laporan bulanan,triwulan,semesteran dan tahunan.terkait dengan penerimaan negara bukan Pajak.

 

Bendahara Pengeluaran

Tugas:

Menyelenggarakan pembukuan Keuangan, MenataDokumen Keuangan, mengajukan, menerima, menyimpan dan mengeluarkan uang serta mempertanggung jawabkan Keuanganyang telah digunakan.

Uraian Tugas:

  1. Menyiapkan dan mempelajari petunjuk pelaksanaan tugas ;
  2. Menyiapkan buku-buku yang berhubungan dengan Keuangan;
  3. Melaksanakan tugas perbendaharaan yang bersumber dari Pelaksanaan APBN.
  4. Melaksanakan pembukuan setiap penerimaan danpengeluaran keuangan;
  5. Membuat laporanpenerimaan kas sesuai ketentuanyang berlaku;
  6. Menata dan memelihara dokumen/bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran serta surat-surat berharga;
  7. Menyusun dan mengajukan permintaan anggaran rutin/gaji Pegawai;
  8. Menerima,menyimpan dan mengeluarkan uang sesuai dengan peraturan yang berlaku;
  9. Membuat laporan pertanggung jawaban keuangan yang telah digunakan;
  10. Melaksanakantugas lainyang diberikan oleh atasan/pimpinan.

Pembuat Daftar Gaji

Tugas:

Menyelenggarakan kegiatan yang berhubugan dengan  pengajuan/gajipegawai.

Uraian Tugas:

  1. Menyiapkan dan mempelajari petunjukpelaksanaan tugas ;
  2. Menyusundan membuat daftar gaji pegawai serta mengajukan keKPPN ;
  3. Mengurus yang berhubungan dengan gaji pegawai Pengadilan Agama Kolaka;
  4. Mendistribusikan gaji pegawai tepat pada waktunya;
  5. Menata dan   mengarsipkan   dan   memelihara   segala   seuatu   yang berhubungan dengan penerimaan gaji pegawai Pengadilan Agama Kolaka;
  6. Melaksanakantugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan.

Pengadministrasi Surat

Tugas:

Menyelenggarakan kegiatan yang  berhubungan dengan  pengurusan administrasi surat menyurat meliputi Penerimaan,Pendistribusiandan PengirimanSurat.

Uraian Tugas:

  1. Menghimpun dan mempelajari peraturan yang berhubungan dengan tata persuratan;
  2. Menerima dan mengagenda surat masuk serta kartu kendali surat;
  3. Mendistribusikan surat masuk yang telahdiarahkan oleh pengarah surat;
  4. Mengagenda dan memberi nomor surat keluar sesuai dengan ketentuan;
  5. Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungandengan surat keluar ;
  6. Mengirim surat keluar kealamat yang dituju;
  7. Melaksanakantugas lain yang diberikan olehatasan/pimpinan.

 

 Penyelenggara kearsipan

Tugas:

Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan arsipsurat.

Uraian Tugas:

  1. 1. Menghimpun dan mempelajari peraturan yang berhubungan dengan kearsipan surat;
  2. 2. menyimpan lembar disposisi sesuai ketentuan kearsipan;
  3. 3. Memilah, mengklasifikasikan, memisahkan arsip surat sesuai ketentuan kearsipan;
  4. 4. Mengatur menurut klasifikaasi dan indeks surat;
  5. 5. Menyimpan dan memelihara keamanan dan keutuhan arsip surat;
  6. 6. Melaksanakan kegiatan yang  berhubungan  dengan  penyusutan  dan pemusnahan arsip sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  7. 7. Melaksanakantugas lainyang diberikan oleh atasan/pimpinan.

 

Pengadministrasi Perlengkapan Barang

Tugas:

Menyelenggarakan   kegiatan   yang   berhubungan   dengan   pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan barang/kekayaan milik negara.

Uraian Tugas:

  1. Menghimpun dan mempelajari peraturan yang berkaitan dengan pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan barang/kekayaan milik negara;
  2. Melaksanakan pengadaan  barang  inventaris  kantorsesuai  rencana kebutuhan
  3. Mencatat barang/kekayaan milik negara kedalam buku inventaris barang (BIB) dan memberi nomor kode sesuai ketentuan yang berlaku;
  4. Membuat daftar inventaris ruangan sesuai ketentuan yang berlaku;
  5. Melaksanakan pemeliharaan barang inventaris/kekayaan negara;
  6. Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan penghapusan barang inventaris/kekayaan negara sesuai ketentuan yang berlaku;
  7. Membuat laporan barang inventaris
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan/pimpinan.

Pengadministrasi Perpustakaan Kantor

T u gas:

Melaksanakan tugas yang berhubungan dengan pengurusan perpustakaan kantor.

Uraian Tugas:

  1. Menghimpun dan mempelajari peraturan yang berhubungan dengan kepustakaan;
  2. Menerima dan mencatat buku-buku perpustakaan sesuai ketentuan;
  3. Memberi nomor kode buku dan menyusunnya dalam lemari perpustakaan;
  4. Memberikan pelayanan kepada semua unsur yang memanfaatkan buku perpustakaan;
  5. Mencatat para peminjam buku ke dalam buku kontrol dan mengawasi penggunaannya:
  6. Memelihara keamanan dan keutuhan buku-buku perpustakaan;
  7. Melaksanakantugas lainyang diberikan olehatasan/pimpinan.

 Subbag Perencanaan, IT dan Pelaporan

Tugas:

  1. Menyusun Draf Rencana Kerja Anggaran,Kementrian dan Lembaga (RKA-KL) satuan kerja berdasarkan hasil rapat intern untuk diketahui oleh kuasa Pengguna Anggaran;
  2. Menyampaiakan usulan rencana kerja kementerian/lembaga (RKAKL) kepada atasan sebagai dasar usulan;
  3. Mengirim Data usulan RKA-KL beserta data dukungnya ke Biro Perencanaan BUA MARI melalui korwil wilyah;
  4. Membuat dan melengkapi Data Dukung ( RAB, TOR,SPTJM dan data dukung Lainnya
  5. Melakukan penyusunan kembali RKAKL untuk disesuaikan dengan Pagu definitive
  6. Mengunduh/ merestore Arsip Data Komputer (ADK)DIPA yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Anggaran
  7. Memonitoring secara berkara status pembaharuan konten ketersedian akses online Website dan jaringan Data
  8. Melakukan Pengecekan dan pemeliharaan (Maintenance) Aplikasi untuk memastikan dapat digunakan dengan baik.
  9. Mengambil langkah-langkah pemecahan masalah terkait dengan kendala-kendala yang berhubungan dengan pengelolaanTeknologi informasi
  10. Membuat konsep /tulisan/artikel berita kegiatan/laporan maupun konten lain yang wajib dipublikasikan dengan memperhatikan etika penulisan dan validasi Data
  11. Menyampaikan konsep informasi yang wajib dipublikasikan kepada atasan
  12. Melakukan Updating/singkronisasi Aplikasi SIPP secara rutin
  13. Mengumpulkan bahan pembuatan lapotan Tahunan
  14. Melanakan Upluad putusan ke Direktori putusan Mahkamah Agung RI.