WKPTA Kendari pimpin SIDAK ke Pengadilan Agama se-wilayah PTA Kendari
  I  

Breaking News

WKPTA Kendari pimpin SIDAK ke Pengadilan Agama se-wilayah PTA Kendari

dari kanan : WaKPTA, KPTA, dan Pansek PTA Kendari

Website Resmi - Pengadilan Agama Kolaka,

Kendari, pta-kendari.go.id

Mengatisipasi menurunnya kedisiplinan pegawai dan hakim pengadilan agama se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Kendari, Drs. H. M. Thahir, SH, MH (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kendari) memimpin pelaksanaan Inspeksi Mendadak (SIDAK) di tujuh Pengadilan Agama diwilayah Pengadilan Tinggi Agama Kendari dimulai bulan April 2013 hingga akhir tahun 2013 nantinya.

Pelaksanan SIDAK cukup mengagetkan aparat pengadilan agama di daerah, karena kedatangan team inspeksi secara tiba-tiba, tanpa ada informasi sebelumnya. Pada Pengadilan Agama Andoolo, team datang tepat setelah shalat jumat (06/13), sedangkan di Pengadilan Agama Raha sebelum jam kantor dimulai (pukul 08.00 WITA) team inspeksi telah ada di Kantor Pengadilan Agama Raha. Dengan demikian, keterlambatan ataupun ketidak-hadiran pegawai maupun hakim di tempat kerja dengan jelas dapat diketahui, sehingga menjadi bahan evaluasi untuk tindakan selanjutnya.

Pelaksanaan SIDAK adalah upaya WKPTA kendari sebagai koordinator hakim pengawas, untuk mengatisipasi sekaligus memantau secara langsung kedisplinan pegawai dan hakim yang disinyalir menurun akibat perubahan dasar hukum pemberian sanksi disiplin secara langsung melalui pemotongan tunjangan bagi hakim. Dasar hukum pelaksanaan disiplin pegawai di lingkungan Mahakamah Agung RI berdasarkan KMA/071/SK/V/2008 dan Sek MA no. 035/SK/IX/2008 tentang petunjuk pelaksanaan KMA 071/SK/V/2008.

Selain fokus pada penegakan disiplin pegawai, team SIDAK juga melakukan pembinaan dan pengawasan di bidang manajemen peradilan, administrasi perkara, bidang Administrasi Persidangan dan Pelaksanaan Persidangan, bidang Administrasi Umum dan bidang Kinerja Pelayanan Publik.

Untuk implementasi SIADPA Plus di Pengadilan Agama masih saja ditemukan ketidak-lengkapan dan ketidak-akuran data perkara yang tersaji secara elektronik melalui website info perkara, dengan berkas perkara sebenarnya. Hal ini menjadi perhatian untuk segera dibenahi dan mutakhirkan datanya sehingga data yang tampil dipublik akurat dan dapat dipercaya.

Pada setiap pengadilan agama yang mendapat kunjungan SIDAK, setelah memberikan pembinaan kepada seluruh pegawai dan hakim pengadilan agama yang hadir, stakeholder pengadilan agama yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua dan Panitera/Sektretaris bertekad untuk menegakan disiplin pegawai dan hakim dalam bentuk Kontarak Kinerja untuk menegakan disiplin. Kontrak tersebut mencerminkan tekad aparat pengadilan agama untuk menegakan disiplin sebagaimana isi kontrak yang telah dibuat untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. (yudh)










1 Komentar

  • pulau tidung

    Senang sekali bisa berkomentar disini, salam kenal untuk semuanya, sukses sukses. makasih atas infonya sangat menarik dan artiklenya keren banget.
    http://goo.gl/G9Io47



Komentar Berita

Copyright © 2013 | Website Resmi Pengadilan Agama Kolaka | Developed by: CahKreatif.Com

Ke Atas