KOP 3

on . Hits: 70

PA KOLAKA IKUTI BIMBINGAN DAN EVALUASI PELAKSANAAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

MENUJU WBK DAN WBBM 2021

 

WhatsApp Image 2021-02-23 at 15.03.55.jpeg

Senin, (22/02/2021). Bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Kolaka (PA Kolaka), pimpinan PA Kolaka beserta jajarannya mengikuti kegiatan Pembinaan dan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang diselengarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI secara virtual melalui Zoom Meeting. Acara yang dihadiri oleh seluruh Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan semua satuan kerja (satker) untuk mengikuti pembangunan Zona Integritas (ZI) tahun 2021. Sebagai informasi awal, khusus Peradilan Agama yang berhasil memperoleh predikat WBK tahun 2020 sebanyak 49 Pengadilan dari 265 satker yang diusulkan, baik tingkat banding maupun tingkat pertama, dan hanya 2 (dua) Peradilan yang berhasil memperoleh predikat WBBM dari 29 satker yang diusulkan, yaitu Pengadilan Agama Jakarta Pusat dan Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

WhatsApp Image 2021-02-23 at 15.06.05.jpeg

 

Kegiatan dihelat pukul 08.30 WIB, yang dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Dr. Drs. H. Aco nur, S.H., M.H. Dalam sambutannya, Beliau berpesan untuk tetap semangat dalam bekerja dalam keadaan pandemi covid 19, demi memberikan pelayanan prima (excellent service) kepada masyarakat pencari keadilan dan memaksimalkan persiapan penilaian pembangunan ZI tahun 2021. “ Bagi satker yang belum mendapatkan predikat WBK agar melakukan pemetaan masalah dan mencari solusi terbaik.” Ujar pria yang akrab dipanggil Pak Aco tersebut.

 

WhatsApp Image 2021-02-23 at 15.06.06.jpeg

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang dibagi 2 sesi. Sesi pertama diisi oleh narasumber dari Badan Pengawasan MA RI yang terdiri dari M. Anis, S.E.,Ak.,M.Ak.,Ca (Auditor Madya), Zufri Hardi, S.T.,M.H (Auditor Muda), dan Ekasari Rahmawati, S.E.,M.A (Auditor Pertama).

  1. Dalam sesi pertama ada beberapa esensi yang menjadi fokus utama dalam kegiatan tersebut antara lain:
  2. Sarana dan prasarana memadai untuk memenuhi layanan pada masyarakat pencari keadilan.
  3. Untuk bisa lolos ZI, Satker harus bisa menjadi terbaik dari yang terbaik.
  4. Updating dokumen-dokumen eviden kelengkapan ZI harus selalu dipriorotaskan.
  5. Melakukan evaluasi internal secara komprehensif.

Acara berlanjut sesi kedua, yang dipandu oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H.,M.H yang didampingi oleh Dr. H. Andi Akram, S.H., M.H. (Ketua PA Jakarta Selatan) dan Dr. Drs. H. Sirajuddin Sailellah, S.H., M.H.I. (Ketua Pengadilan Agama Jakarta Pusat) yang telah berpredikat WBBM tahun 2020 untuk berbagi pengalaman dalam kiat-kiat meraih WBBM. Adapun kiat-kiat tersebut diantaranya:

  1. WBK yang telah diraih sebelumnya dijalankan secara konsisten dan lebih ditingkatkan kualitasnya.
  2. Meningkatkan pelayanan publik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat pencari keadilan di lingkungan satker masing-masing.
  3. Memaksimalkan manajemen media agar masyarakat tau apa saja yang telah dipunya oleh satker.
  4. Meningkatkan kinerja pelayanan.
  5. Komitmen pimpinan dan seluruh pegawai bersama-sama dalam meraih WBBM.

Dalam acara tersebut juga dibuka beberapa sesi tanya jawab oleh para peserta pembinaan dan narasumber.

(Man_Samudra) / (Ria_Rahma)

Add comment


Security code
Refresh