KOP 3

on . Hits: 118

Wujudkan Layanan Prima, PA Kolaka Gandeng BRI Gelar Excellent Service Training

BRI 3

Ketua, Wakil Ketua, dan Hakim PA Kolaka berpose bersama usai kegiatan Excellent Service Training oleh Bank BRI Cabang Kolaka

Kolaka I pa-kolaka.go.id

Seperti pada satuan kerja lainnya, Pengadilan Agama (PA) Kolaka termasuk kantor yang biasa dikunjungi masyarakat. Khususnya mereka yang punya masalah berkaitan dengan hukum. Atas hal itu, guna wujudkan layanan prima, PA Kolaka menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kolaka untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman berkenaan masalah tersebut.

Bertempat di Aula Kantor PA Kolaka Lantai II, Jum’at (3/7/2020) digelar kegiatan penting bertajuk “Excellent Service Training” atau Pelatihan Pelayanan Prima. Untuk maksimalnya acara, agar pemahaman bisa utuh antara teori dan praktek, materi disampaikan langsung pihak BRI Kolaka, “mitra kerja” PA Kolaka.

Palaksanaan kegiatan dimulai sekira pukul 09.30 Waktu Indonesia Tengah (WITA). Pemilihan hari juga atas kesepakatan antara PA Kolaka dan Bank BRI setempat. Di tengah banyaknya kesibukan yang ada, khususnya pihak BRI yang kali ini bertindak sebagai pemateri, ditentukanlah waktu pelaksanaan pelatihan tersebut.

BRI 1

Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PA Kolaka dan para pemateri berfoto bersama usai kegiatan

Dalam sambutannya di acara pembukaan, Muhammad Surur, S.Ag., Ketua PA Kolaka menyampaikan atensi luar biasa kepada para pemateri yang sempatkan hadir. “Pertama-pertama saya ucapkan banyak terimakasih kepada rekan-rekan dari BRI karena telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmunya terkait pelayanan prima ini”, ucap Muhammad Surur di sela sambutannya.

“Antara BRI dan Pengadilan Agama ada kemiripan, karena sama-sama melayani masyarakat”, terang Ketua yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua PA Kolaka ini. “Karena kedatangan masyarakat ke pengadilan biasa karena terpaksa, maka pelayanan yang dilakukan juga harus maksimal, bahkan melebihi apa yang sudah dilakukan BRI”, sambung Ketua lagi memberi ulasan sejenak.

Karena pelatihan ini langka untuk diselenggarakan, apalagi para pemateri memiliki kesibukan lebih dalam melayani nasabah dan masyarakat yang datang, sehingga momen ini betul-betul harus dimanfaatkan. Khususnya bagi para pegawai yang setiap saat bersentuhan langsung dengan pengunjung yang datang setiap saat.

BRI 2

Pemateri bersama para petugas Pos Bantuan Hukum atau Posbakum PA Kolaka

Yang menjadi peserta utama bagi PA Kolaka sendiri adalah mereka sehari-harinya bertugas di area Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP. Juga tak luput ambil bagian para petugas satuan pengamanan kantor atau Security. Termasuk pula para petugas Posbakum atau Pos Bantuan Hukum, kerjasama PA Kolaka dengan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Universitas Sembilanbelas November Kolaka.

Usai pembukaan formal, kemudian diawali dengan penyampaian materi pelatihan. Tujuannya untuk memberi pemahaman utuh atas teori-teori yang berkaitan dengan pelayanan prima. Selanjutnya, dilakukan praktek oleh para peserta yang dipandu langsung para pemateri yang semuanya berjumlah tiga orang.

Usai kegiatan, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama di area PTSP PA Kolaka. Dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan efek positif. Khususnya peningkatan kualitas layanan terhadap masyarakat pencari keadilan. Semua ilmu dan pengalaman yang disampaikan para pemateri, bisa ditiru dan diterapkan dalam rutinitas kerja sehari-hari.

(IH)

Add comment


Security code
Refresh