KOP 3

on . Hits: 122

Pekan Pertama Setelah Idul Fitri, PA Kolaka Kembali Galakkan Jumat Rapi dan Sehat

Jumrah Lebaran1

Kolaka I pa-kolaka.go.id

Usai merayakan hari raya idul fitri 1441 hijriyah, Pengadilan Agama (PA) Kolaka kembali melaksanakan kegiatan bersih-bersih kantor. Rutinitas mingguan yang dikemas dalam kegiatan JUMRAH atau Jum’at Rapi dan Sehat tersebut sempat terhenti saat memasuki puasa ramadan. Apalagi ditengah isu covid-19 yang belum mereda hingga sekarang.

Bertempat di halaman kantor PA Kolaka, Jum’at (29/5/2020) pimpinan, hakim, para pejabat hingga tenaga honorer secara bersama-sama melaksanakan pembersihan dan penataan area kantor. Pemberlakukan sistem “kapling” dengan membagi kelompok rupanya memberi dampatk positif atas keindahan pekarangan kantor jika dibanding sebelumnya.

Jumrah Lebaran2

Bahwa mulanya pembagian “tim kerja” halaman kantor tersebut atas saran dari Drs. H. A. Muzakki, M.H., Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Sulawesi Tenggara. Arahan beliau disampaikan saat berkunjung ke PA Kolaka beberapa bulan lalu. Dan pimpinan sangat merespon serta menindaklanjuti segera.

Program JUMRAH atau Jum’at Rapi dan Sehat yang dilaksanakan PA Kolaka sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2019 lalu. Secara bergantian di setiap hari jum’at dilaksanakan kegiatan bersih-bersih. Jum’at pekan berikutnya digelar senam bersama dan / atau olah raga lainnya. Dilakukan secara bergantian. Begitu seterusnya.

Predikat sebagai yang terbaik dalam lomba Dekorum Ruang Sidang dan K3 atau Kebersihan, Keindahan, dan Kerapian menjadi beban tersendiri. Bagaimana agar label sebagai yang terbaik untuk PA Kelas II se Indonesia tersebut bisa dipelihara dalam rutinitas. Tetap konsisten atas apa yang telah diraih. Sebagaimana jargon yang selalu “diikrarkan” dalam banyak kesempatan, “Cepat Hebat Istiqomah”.

Jumrah Lebaran3

Kegiatan JUMRAH yang dijalankan PA Kolaka selama ini juga telah sejalan dengan kebijakan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama (Dirjen Badilag) Mahkamah Agung Republik Indonesia. Hal tersebut tertuang dalam Surat Dirjen Badilag tertanggal 4 Maret 2020 tentang Himbauan Pelaksanaan Budaya Jum’at Bersih dan Sehat.

Mudah-mudahan saja, kebiasaan yang dilakukan dalam setiap pekan ini terus terjaga dan terpelihara untuk sekarang dan masa yang akan datang. Budaya yang terus dipertahankan. Butuh kesadaran, kerjasama, saling bahu-membahu, demi kualitas kinerja dan kualitas layanan yang semakin baik.

(IH)

Add comment


Security code
Refresh