KOP 3

on . Hits: 60

Hadirkan Inovasi berbasis teknologi informasi, pa kolaka gelar pertemuan terbatas   

Hadirkan Inovasi Berbasis Teknologi Informasi, PA Kolaka Gelar Pertemuan Terbatas

Kolaka I pa-kolaka.go.id

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua Pengadilan Agama (PA) Kolaka tertanggal 23 April 2020 Tentang Susunan Tim Inovasi Berbasis Teknologi Informasi Pengadilan Agama Kolaka, Wakil Ketua PA Kolaka selaku Ketua Tim mengadakan pertemuan terbatas. Agenda tersebut merupakan monitoring perkembangan implementasi Teknologi Informasi (TI) di lingkungan PA Kolaka. Disamping itu juga membahas rencana inovasi-inovasi yang akan dilakukan ke depan.

Bertempat di Aula lt. 2, Rabu (6/5/20), Ilman Hasjim, SHI, MH, Wakil Ketua PA Kolaka selaku ketua tim memimpin langsung pertemuan yang digelar mulai pukul 09.15 WITA. Kegiatan tersebut dihadiri anggota tim lain seperti hakim Kamariah Sunusi, S.H.,M.H., Panitera dan Sekretaris PA Kolaka, para Kasubbag, Muhammad Jasman As’ad, S.H., serta beberapa PPNPN yang ahli di bidang TI. Kondisi yang masih pencegahan Covid-19, peserta rapat memakai masker dan tetap memperhatikan dan menerapkan physical distancing.

Dalam forum tersebut Ilman memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada anggota yang hadir pada pertemuan tersebut. Lebih lanjut lagi, pertemuan ini sebagai langkah awal untuk mengefektifkan tugas dan peran tim dalam optimalisasi pemberian layanan prima kepada masyarakat pencari keadilan.

Untuk kemudahan masyarakat mengakses layanan pengadilan, dibutuhkan “penemuan” dan inovasi baru guna efektifitas pelaksanaan tugas kedinasan pada pencari keadilan. Dalam pertemuan tersebut juga dibahas item-item penting. Diantaranya peningkatan rating Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP).

“Meskipun kita bekerja di sini, data kita terbaca di pusat” ujar Ilman Hasjim memberi semangat. Fokus lainnya yang turut dibahas adalah peremajaan data atau konten dalam website agar lebih menarik untuk dibaca, serta re-optimalisasi akun-akun media sosial PA Kolaka.

Pertemuan tersebut berlangsung menarik. Beberapa anggota juga turut memberikan usul dan saran. Kamariah Sunusi misalnya, hakim yang belum lama dilantik di PA Kolaka, mengusulkan agar ada ruang atau tempat khusus untuk pembuatan gugatan mandiri di area pelayanan.

Dilanjutkan Suharman Samudra, S.H., Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan PA Kolaka yang baru, mengusulkan untuk diadakan studi banding ke instansi Pemerintah Daerah guna melihat perkembangan implementasi TI khususnya yang berkaitan dengan pelayanan pada masyarakat.

“Siapa tahu ada inspirasi yang hadir setelah kunjungan tersebut, atau setidaknya kita bisa adopsi dan dikembangkan sendiri oleh anggota tim” ujar Suharman. Kemudian, yang terakhir usulan dari Rifaldi Pratama dari unsur PPNPN, mengusulkan agar pengelolaan, manajemen, termasuk desain website dikelola sendiri oleh PA Kolaka.

Sebelum menutup pertemuan, ketua tim memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh anggota tim untuk terus berbenah dan berinovasi. Kapanpun dan di manapun. Wakil Ketua yang masih berstatus mahasiswa S3 UIN Alauddin Makassar tersebut juga mengajak seluruh anggota untuk menyukseskan program 11 aplikasi unggulan Badilag.

“Saya yakin dan percaya dengan kapabilitas seluruh anggota tim. Apalagi sudah ada tambahan pegawai dan tenaga PPNPN yang baru, akan semakin mendongkrak prestasi PA Kolaka di masa yang akan” imbuh Ilman Hasjim. Dan yang terpenting, apa yang direncanakan, dapat diwujudkan dalam tindak nyata. (man_samudra)

 

Add comment


Security code
Refresh