Kendari I pa-kolaka.go.id

Dalam rangka meningkatkan kemampuan teknis yustisial, Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara (PTA Sultra) melaksanakan kegiatan diskusi hukum. Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Pengadilan Agama (PA) Kolaka ikut berpartisipasi. Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, para Panitera Muda, dan Jurusita PA Kolaka turut hadir di acara penting tersebut.

Bertempat di Aula lt.2 PTA Sultra, Kamis (12/3/2020) diselenggarakan kegiatan diskusi teknis yustisial lingkup wilayah daratan. Panitia (bersama) oleh PA Andoolo dan PA Lasusua mengusung tema “Kita Tingkatkan Kinerja untuk Mengaplikasikan Persidangan Elektronik Demi Tercapainya Peradilan Modern”. Demikian terpampang pada background ruang tempat diskusi.

Sesuai jadwal yang dibuat panitia, acara diskusi hukum tersebut dilaksanakan selama 2 hari, yakni Kamis, 12 Maret 2020 sampai dengan Jumat, 13 Maret 2020. Untuk hari pertama, setelah seremoni pembukaan, dilanjutkan dengan diskusi sesi pertama. Dengan penyaji materi adalah PA Unaaha. Sedang pembanding adalah PA Kendari Kelas 1A.

Untuk materi awal di hari pertama tersebut, masalah yang akan dibahas dan didiskusikan adalah “Sistem Bantuan Eksekusi dan Perubahan Amar Putusan”. Sedang materi selanjutnya, materi yang akan dibahas adalah tentang Kumulasi Dispensasi Kawin dan Wali Adhal. Bertindak sebagai penyaji makalah materi kedua adalah PA Andoolo. Sedang pembanding, PA Kolaka.

Untuk wilayah PTA Sultra sendiri, kegiatan rutin diskusi hukum terbagi menjadi 2 wilayah, yakni wilayah daratan dan wilayah kepulauan. Termasuk dalam wilayah daratan adalah PA Kendari, PA Kolaka, PA Unaaha, PA Andoolo, PA Rumbia, dan PA Lasusua. Sedang lingkup wilayah kepulauan oleh PA Bau-Bau, PA Raha, PA Pasarwajo, dan PA Wangi-Wangi.

Kegiatan menarik yang masuk dalam agenda panitia adalah terdapat simulasi persidangan secara elektronik. Pelaksanaannya direncanakan di hari kedua. Karena baru dan sangat penting, semoga saja bisa memberi kesamaan persepsi bagi seluruh peserta bagaimana pelaksanaannya di lapangan.

Hingga berita ini dibuat, kegiatan diskusi hukum wilayah daratan lingkup PTA Sultra masih sedang berlangsung.

(IH)

 

, ,

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 2 6 7 3 0
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
101
121
126730
0
9669
9618
126730
IP Anda : 3.235.66.217
2020-03-28 18:26