Kolaka I pa-kolaka.go.id

Sidang Di Luar Gedung Pengadilan merupakan program yang diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2014. Sebagai satuan kerja (satker) yang berada di bawah Mahkamah Agung (MA), Pengadilan Agama (PA) Kolaka telah berupaya untuk menyukseskan program unggulan tersebut. Dan untuk tahun 2020, hingga awal maret, telah dilaksanakan untuk yang ke-8 kalinya.

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka menjadi saksi atas capaian PA Kolaka tersebut. Selasa (3/3/2020) Majelis Hakim mengunjungi tempat bersidang yang berada di bagian selatan Kabupaten Kolaka ini. Sikap ramah “tuan rumah” atas kedatangan Ketua PA Kolaka dan rombongan menjadikan suasana begitu bersahabat.

Sebelum menggelar sidang untuk yang ke-2 kalinya di Kecamatan Pomalaa ini, sebelumnya, kegiatan serupa telah dilaksanakan di Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur. Tempat lain yang sudah pernah dikunjungi adalah Samaturu. Sebuah kecamatan yang berada di bagian utara Kabupaten Kolaka.

 

 

Proses pelaksanaan Sidang Di Luar Gedung Pengadilan sangat bergantung pada domisili pihak berperkara. Khususnya bagi mereka yang berada jauh dari kantor PA Kolaka. Karena tujuan dari program ini adalah membantu masyarakat pencari keadilan, agar tidak perlu datang ke kantor menghadiri persidangan. Yang secara tidak langsung menghemat biaya para pihak.

Seperti biasa, Majelis Hakim dipimpin langsung Muhammad Surur, S.Ag., Ketua PA Kolaka. Sedang hakim anggota oleh Ilman Hasjim, S.HI., M.H., Wakil Ketua yang resmi menjalankan tugas sejak bulan Mei 2019 lalu., dan Hasnawati, S.HI., Hakim yang mulai bersidang di PA Kolaka mulai tahun 2014 silam.

Untuk panitera perkara yang disidangkan dipercayakan kepada Burhan, S.H. dan Abdillah Sukarkio, SH. Burhan, S.H., sehari-hari menjabat sebagai Panitera Muda Gugatan PA Kolaka. Sedang Abdillah Sukarkio, SH murni pejabat fungsional, sebagai Panitera Pengganti PA Kolaka. Untuk tenaga administrasi diamanahkan pada Farida Ridwan, SH, dan Agus Salim, SP.

Berdasarkan pelaksanaan Sidang Keliling, istilah lain dari Sidang Di Luar Gedung Pengadilan yang sudah berjalan, Majelis Hakim PA Kolaka telah delapan kali menggelar di tiga tempat berbeda. Ketiga lokasi dimaksud yakni, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka dan Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka.

Untuk tahun 2020 ini, direncanakan akan digelar sidang keliling hingga setidaknya 20 kali. Akan tetapi, semua harus berjalan beriringan dengan volume perkara masuk, dan domisili para pihak berada jauh dari kantor PA Kolaka. Dengan harapan, program yang telah dijalankan tersebut, dapat terlaksana sesuai harapan. Bahkan bisa cepat rampung sebelum akhir tahun anggaran 2020 ini.

(IH)

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 2 6 7 3 0
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
101
121
126730
0
9669
9618
126730
IP Anda : 3.235.66.217
2020-03-28 18:12