Kolaka I pa-kolaka.go.id

Di awal tahun 2020 kembali dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) antara Pengadilan Agama (PA) Kolaka dengan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Hukum Universitas Sembilan Belas November (FH USN) Kolaka. MoU tersebut berkaitan dengan layanan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) di PA Kolaka.

Bertempat di Aula Lt. 2 Kantor PA Kolaka, Kamis (9/1/2020) digelar seremoni seperti kegiatan yang sama di tahun sebelumnya. Meski kemasan acaranya berbeda, karena sudah berbeda kondisi dan keadaan, alhamdulillah, semua berjalan lancar. Kegiatan dimulai sekira pukul 10.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA), usai Muhammad Surur, S.Ag., Ketua PA Kolaka menghadiri kegiatan Apel Siaga Bencana atas undangan Kepolisian Resor (Polres) Kolaka.

Penandantangan “MoU” tersebut adalah yang ketiga kalinya. Artinya, perjanjian kerjasama yang dibuat telah memasuki tahun ketiga, yang dimulai sejak tahun 2018 silam atau sejak dalam DIPA PA Kolaka telah memuat anggaran tentang Posbakum tersebut, yang dasar hukumnya terdapat dalam Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2014.

Dalam perjanjian yang dibuat, bertindak sebagai pihak pertama adalah Ketua PA Kolaka. Sedang Ketua LKBH USN yakni Dr. Muh. As Ari.AM, SH, LLM, yang juga Wakil Dekan Fakultas Hukum USN Kolaka sebagai pihak kedua. Saat pelaksanaan penandatanganan kerjasama, baik Ketua PA maupun Ketua LKBH masing-masing membubuhkan tandatangan di atas materi.

Ikut hadir dalam acara istimewa tersebut yakni Yahyanto, SH, MH, Dekan Fakultas Hukum USN Kolaka dan Ilman Hasjim, SHI, MH, Wakil Ketua PA Kolaka. Kehadiran Dekan dan Wakil Ketua juga ikut menyaksikan proses pelaksanaan penandatanganan yang dilakukan antara dua instansi yang membidangi hukum tersebut.

Meski kemasan acara dan kegiatannya sederhana, tapi sangat khidmat dan berkesan. Asri Jumira, SH, bertindak selaku pembawa acara, memandu kegiatan hingga tuntas. Suharman Samudera, SH (Kasubag Kepegawaian PA Kolaka) bertindak sebagai pembaca doa di awal kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Pernjanjian Kerjasama oleh Wakil Ketua PA Kolaka sebelum ditandatangani oleh masing-masing pihak.

Setelah penandatanganan selesai, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh Dekan Fakultas Hukum USN Kolaka. Banyak hal yang disampaikan. Termasuk ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh PA Kolaka. Apalagi kehadiran Posbakum bisa menjadi ladang belajar bagi mahasiswa Fakultas Hukum.

Sambutan selanjutnya oleh Ketua PA Kolaka. Di awal pembicaraa, beliau memperkenalkan beberapa pejabat yang ikut hadir di acara tersebut, baik hakim maupun pejabat kepaniteraan dan kesekretariatan. Di sela sambutannya, menyampaikan bahwa Posbakum bisa menjadi sarana informasi positif tentang PA Kolaka kepada masyarakat. Termasuk keberadaan Posbakum juga telah menjadi bagian dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang ada di PA Kolaka.

Usai sambutan, kemudian acara ditutup. Dan dilanjutkan dengan foto bersama antara PA Kolaka dan LKBH USN Kolaka. Dan semoga saja, kerjasama yang terjalin selama ini bisa terus dilanjutkan untuk masa-masa yang akan datang.

(IH)

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 2 6 7 3 3
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
104
121
126733
0
9672
9618
126733
IP Anda : 3.235.66.217
2020-03-28 19:23