Kolaka I pa-kolaka.go.id

Mengawali Rapat Kerja (raker) untuk tahun 2020, ada hal pokok yang disampaikn Ilman Hasjim, S.HI., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Agama (PA) Kolaka. Penyajian materi tersebut sengaja diutarakan dengan maksud untuk menyamakan persepsi seluruh pegawai tentang Sistem Penilaian Promosi dan Mutasi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama yang dilakukan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag).

Bertempat di aula lantai 2, Senin (7/1/2020), usai doa pagi bersama di lobi kantor, dilaksanakan kegiatan pendahuluan sebelum raker dimulai. Penyajian materi tersebut sangat penting untuk disampaikan diawal, agar terdapat kesamaan pandangan, pengetahuan, dan persepsi tentang program Ditjen Badilag tersebut yang dilaksanakan tahun 2019 lalu.

Oleh Wakil Ketua, pembahasan dimulai dari dasar kebijakan, tujuan, aspek-aspek apa saja yang dinilai, dan kenapa hal tersebut penting untuk diperhatikan oleh seluruh pegawai PA Kolaka. Meskipun penilaian ini mempengaruhi promosi mutasi tenaga teknis, juga tidak kalah penting adalah peran bagian kesekretariatan. Karena ada beberapa hal yang dilakukan mempengaruhi nilai yang akan dicapai.

Banyak hal pokok yang dicantumkan dalam hasil penilaian tersebut. Ada administrasi perkara meliputi SIPP, E-Court, dan Kasasi/PK. Tentang Sumber Daya Manusia (SDM) ada SIKEP, ABS, dan SKP. Keuangan tentang DIPA 01 dan 04. Menyangkut pelayanan publik ada PTSP, APM, Website, Inovasi, Penghargaan. Juga ada tentang Refomasi Biroksi dan Zona Integritas. Dan tidak kalah penting juga adalah Pengawasan dan LHKPN sebagai bagian dari instumen Integritas.

Untuk PA Kolaka sendiri, hasil penilaian Badilag yang dirilis sejak bulan April 2019 untuk Triwulan pertama hasilnya tidak baik juga tidak buruk. Dari 225 satuan kerja (satker) kelas 2, PA Kolaka berada di urutan ke-91. Di tingkat Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Sulawesi Tenggara berada di urutan kedua setelah PA Unaaha.

Di triwulan kedua yang dirilis bulan Agustus (2019) lalu terjadi penurunan penilaian. Peringkat berada di posisi ke 105 untuk tingkat nasional. Dan kemudian di penilaian Triwulan ke-3 yang dilaksanakan Desember 2019, peringkat PA Kolaka mengalami kenaikan signifikan. Berada di urutan 56 dari 225 satker kelas II se-nasional.

Dari hal tersebut, maka menjadi penting untuk disampaikan dan apa yang mesti dilakukan agar dapat mendongkrak prestasi penilaian kinerja tersebut. Karena apa yang dilakukan Badilag mencakup seluruh kerja kedinasan yang setiap hari dilakukan PA Kolaka. Karenanya, pada tahun 2020 ini PA Kolaka mencanangkan dan mengusung tema “Menuju Teladan Nasional”.

Semoga apa yang dilakukan dan direncanakan bisa dilaksanakan dengan baik. Karena kendala-kendala yang dihadapi tentu selalu terjadi dalam proses yang dilakukan. Termasuk yang paling klasik dan krusial adalah terbatas SDM, yang kini hanya berjumlah 14 orang termasuk pimpinan.

(IH)

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 2 6 7 3 0
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
101
121
126730
0
9669
9618
126730
IP Anda : 3.235.66.217
2020-03-28 18:42